Henson & His Works

Saturday, April 28, 2007

Say What You See and Feel in English!

Suatu hari salah seorang siswa yang belajar privat bahasa Inggris dengan saya bertanya,"Sir, bagaimana sih caranya agar bisa berbicara bahasa Inggris dalam waktu singkat?" Ia yang seorang karyawan swasta itu nampaknya sudah 'kebelet' ingin sekali bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.
Lalu saya menjawab pertanyaannya,"Tidak ada cara singkat untuk bisa berbicara bahasa Inggris." Raut wajah siswa saya itu nampaknya berubah dan terkesan menunjukkan guratan-guratan kekecewaan.
Saya segera melanjutkan kata-kata saya,"Tetapi jika kamu ingin sekali bisa berbicara bahasa Inggris, saya akan berikan sebuah kalimat." Siswa saya yang bernama Ari itu masih kelihatan bingung.
Saya ambil sebuah boardmarker dan menuliskan sebuah kalimat di whiteboard. Kalimatnya berbunyi,"SAY WHAT YOU SEE AND FEEL IN ENGLISH!" Ari mencoba membaca kalimat itu dengan pelan. Sengaja saya biarkan ia selama 5 menit untuk memikirkan dan menginterpretasikan kalimat yang sederhana itu. Ia pun mengangguk-angguk dan berkata,"Benar juga ya!"
Banyak sekali pelajar yang mengeluh karena mereka ingin sekali bisa berbicara dalam bahasa Inggris tetapi setelah belajar berbulan-bulan atau bertahun-tahun mereka belum juga bisa berbahasa Inggris secara fasih. Penyebab yang paling umum adalah kurangnya berlatih. Penyebab lainnya adalah kurangnya percaya diri, rasa malu untuk berlatih, atau tidak adanya partner untuk berlatih.
Saya sering memberikan kalimat "SAY WHAT YOU SEE AND FEEL IN ENGLISH!" ini kepada siswa-siswa saya. Kalimat ini nampaknya sederhana, tetapi jika esensinya dijalankan, maka kemampuan untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dalam waktu yang lebih singkat bukan mustahil untuk dicapai.
KATAKAN APA YANG ANDA LIHAT DAN ANDA RASAKAN DALAM BAHASA INGGRIS. Dengan kalimat yang sederhana ini, Anda akan dibawa dan diajak ke suatu atmosfer kondusif yang memungkinkan Anda untuk terus berbicara dalam bahasa Inggris.
KATAKAN APA YANG ANDA LIHAT... Misalnya di suatu pagi Anda keluar rumah dan melihat bunga mawar di taman rumah Anda, Anda bisa berkata,"This is a rose. The color of the rose is pink. This flower is very beautiful and it smells good. A rose is a symbol of love. I like this flower so much..." Atau, ketika Anda sedang berada di ruang tamu sendirian, Anda bisa berkata,"This room is very comfortable. There's a sofa at the corner of the room. The color is blue. Beside the sofa there's a very beautiful lamp. I like sitting in this room because in this room I can watch TV, I can read my favorite books, I can have a chat with my parents, my brothers and my sisters."
KATAKAN APA YANG ANDA RASAKAN... Misalnya pada saat Anda baru bangun tidur, Anda bisa berkata,"Oh, I feel so fresh now. I slept soundly last night." Atau, ketika Anda baru pulang dari toko buku, Anda bisa mengugkapkan perasaan Anda dalam bahasa Inggris,"I went to a bookstore to buy a new English grammar book. In the bookstore I met a very beautiful girl. When I took a grammar book from the shelf, she also took the similar book. Then I introduced myself to her. She smiled so sweetly. We had a little talk about English. She was a good person to talk with. Unfortunately, I forgot to ask her phone number. I hope I can meet her again some day."
Bayangkan jika setiap yang Anda lihat dan Anda rasakan Anda ungkapkan dalam bahasa Inggris, berarti Anda sudah bisa berbicara dalam bahasa Inggris, bukan? Untuk tahap awal mungkin praktek ini akan terasa agak sukar. Tetapi percayalah... seiring dengan waktu kesukaran itu akan berubah menjadi kemudahan. Bukankah alah bisa karena biasa?
Cobalah terapkan kalimat di atas dalam kehidupan sehari-hari Anda. Mudah-mudahan Anda akan bisa berbicara bahasa Inggris dalam waktu yang lebih singkat. Jangan lupa untuk selalu membawa kamus Anda sehingga Anda bisa mendapatkan kata-kata baru ketika suatu saat terbentur dengan arti sebuah atau beberapa kata. Teruslah berlatih karena kesempurnaan hanya bisa dicapai dengan berlatih (Practice makes perfect). Jangan takut membuat kesalahan karena tak seorang pun yang tidak pernah berbuat salah.

4 comments:

Binawidya said...

Wah, saya buta bahasa inggris jadi menemukan cara baru yang menyenangkan buat belajar. Thank's infonya.

dianti said...

whatta great idea Sir.
U know, I often use language when I pray or asking something to God. Coz the differencess between bahasa Indonesia and English, I found that there are fiew things that's not sufficient enough to describe in bahasa Indonesia. he..he..
Language is actually is habit ya.
Being influent is not from the 10-year courses, but through practise and mistakes. (well, saya mah kebanyakan yang mistakes itu. wakakaaak...)

Ifool said...

that's a really simple and useful idea...

sebeanrnya sih, udah sering sy praktekkan yg kayak gitu, kadang jg sring ngayal lg ngobrol pake English..

cuman masalah utama adalah...malu n gak pede klo ngomong ama bule..:),but I will try to be better from now on..

maya said...

tips yang bagus untuk saya yang sangat lamban untuk speaking english hehehe, thanks yahhh