Henson & His Works

Thursday, October 16, 2008

Di dan Pada

Akhir-akhir ini banyak pengguna bahasa Indonesia yang senang menggunakan ungkapan di malam hari, di awal abad XXI, atau di awal milenium III.
Penggunaan preposisi di pada ungkapan itu menunjukkan kekurangcermatan dalam pemilihan kata. Preposisi di digunakan untuk manandai tempat, baik yang konkret maupun yang abstrak.
Oleh karena itu, preposisi di seharusnya diikuti keterangan tempat. Pada konteks itu pilihan kata yang tepat adalah pada karena diikuti waktu.

Beberapa kalimat berikut menggambarkan penggunaan di secara tepat.
(1) Pusat pemerintahan negara berada di Jakarta.
(2) Di dinding terpampang lukisan Monalisa.
(3) Keuntungan besar sudah terbayang di depan mata.

Link Sumber: http://www.pusatbahasa.diknas.go.id/laman/index.php?info=praktis&action=detail&kataistilahid=31

4 comments:

woody green said...

mas hendro, saya minta maaf dah jarang online.. terima kasih dulu dah berkunjung ke blog sya. saya seneng banget dengan tulisan-tulisan anda tentang bahasa dan juga paid review, baik di blog ini maupun blog anda yang lain. saya benar-benar termotivasi, apalagi ketika anda sakit anda masih tetap menyempatkan diri menulis, membuat artikel review, saya benar-benar salut. semoga anda semakin sehat... saya sekarang sudah punya komputer sendiri, lumayan bisa buat online sekalipun tarif GPRS masih saja mahal. sekarang saya siasati dengan aplikasi opera mini dengan software sjBoy, sekalipun tidak bisa copy-paste dan download data namun saya sudah cukup senang, apalagi kapasitas penulisan juga bisa agak lebih besar daripada hanya lewat opera mini di handphone. tapi saya juga minta maaf, ini saya belum ketemu bagaimana membuat spasi jeda antar paragraph, jadinya tulisan sy nyambung terus seperti ini. mas, saya pikir bisnis online yang akan saya geluti adalah paid review dan juga link ads.. tlng dibantu ya? terimakasih

Riema Ziezie said...

assalamu'alaikum..kak pa kabar lama ga bersua...sehat sehat saja kan?

pranajayas said...

Indosat Blog contest ikutan yuk

Mursalin said...

Salam, setuju dengan yg di bawah :)
Mengenai penggunaan salah "di" yang ditempatkan tidak di/pada (nah loh, mana yang tepat mas?) tempatnya, sepertinya bukan akhir-akhir ini saja. Tengoklah syair lagu Slank lama ini: "di malam yang dingin dan gelap sepi..."
Demikian, dan semoga cepat sembuh.