Henson & His Works

Monday, February 4, 2008

GeeXboX

Suatu hari seorang teman datang ke rumah membawa CPU. Katanya harddisk-nya rusak sehingga ia tidak bisa menggunakan komputer tersebut. Lalu saya bertanya kepadanya,"Percaya tidak kalau saya bisa menonton VCD melalui CPU itu?" Ia pun langsung menjawab,"Mana mungkin... komputernya aja rusak."

Saya pun langsung menyalakan komputer yang rusak itu, lalu masuk ke BIOS dan mengubah prioritas booting ke CD. (Sebelumnya saya sudah memasukkan sebuah CD berisi program GeeXboX ke CD drive.) Setelah program jalan, saya bisa menikmati video dari VCD yang saya putar melalui CPU tersebut. Teman saya itu terheran-heran dan berkata,"Kan komputernya belum diperbaiki, kok bisa menonton VCD?"

Sebenarnya hal ini bukanlah sesuatu yang istimewa atau aneh. Program GeeXboX memang dirancang untuk bekerja sebagai media center. Ia bisa menjalankan berbagai file video, audio, maupun gambar. Program yang tampilannya sederhana namun kinerjanya luar biasa ini bekerja dalam platform Linux dan bisa dijalankan langsung melalui CD. Jadi kita tidak membutuhkan sistem operasi maupun harddisk. (Kalau mau memakai harddisk sih juga bisa. Dalam hal ini kita bisa menjalankan file multimedia yang ada dalam harddisk.)

Mungkin ada di antara Anda yang bertanya,"Apakah CPU harus memiliki 2 CD/DVD drive untuk menonton VCD karena satu drive sudah dipakai oleh CD GeeXboX dan satu lagi untuk VCD?" Jawabannya,"Tidak!" Cukup satu CD/DVD drive saja. Kenapa? Karena setelah booting, program akan di-load ke dalam RAM (Random Access Memory), kemudian dengan cerdasnya CD tray akan terbuka secara otomatis dan kita bisa mengeluarkan CD program GeeXboX tersebut. Nah, pada saat mau menonton VCD tinggal masukkan saja VCD-nya seperti biasa.

Saya pertama kali mencoba program ini pada awal 2006. Ukuran file-nya sangat kecil. Hanya beberapa Mega Byte saja. Spesifikasi hardware yang dibutuhkan juga sangat ringan. Saya pernah mencobanya di komputer lama yang masih menggunakan prosesor P1, P2, P3 dan AMD Duron. Program dapat berjalan dengan baik, bahkan sangat cepat karena kita tidak perlu masuk ke Windows. Kesimpulannya... Jika Anda memiliki komputer lama yang harddisk-nya rusak, Anda bisa mengalihgunakannya sebagai media center sederhana.

Untuk keluaran versi terbaru program ini saya belum mencoba. Jika Anda ingin mencobanya, silahkan download di situs GeeXbox.

No comments: