Henson & His Works

Saturday, April 12, 2008

Mengenal Linux Ubuntu 7.10 Live CD (Bagian Keempat)

Silahkan baca lagi Bagian Pertama, Bagian Kedua, dan Bagian Ketiga.


OpenOffice.org Calc (Spreadsheets)


Pada bagian terdahulu saya sudah saya membahas mengenai program aplikasi OpenOffice.org Writer (Word Processor). Pada Bagian Keempat ini kita akan melihat sekilas mengenai OpenOffice.org Calc (Spreadsheets).


Saya yakin Anda sudah sangat akrab dengan program aplikasi Microsoft Excel yang berjalan di bawah platform sistem operasi Microsoft Windows. Pada sistem operasi Linux Ubuntu 7.10 ini digunakanlah program aplikasi OpenOffice.org Calc (Spreadsheets). Tampilan program ini mirip sekali dengan tampilan Microsoft Excel 2000/XP/2003, begitu juga dengan fungsi-fungsi dan cara pengoperasiannya. Jadi tidak perlu saya bahas panjang lebar mengenai hal tersebut.


Untuk masuk ke program aplikasi OpenOffice.org Calc, klik Application – Office – OpenOffice.org Spreadsheets. Lihatlah tampilannya! Sangat mirip dengan Microsoft Excel, bukan? Pada bagian atas terdapat beberapa menu (File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, Help) yang juga terdapat pada Microsoft Excel 2000/XP/2003. Jadi Anda tidak perlu khawatir! Kalau Anda bisa mengoperasikan Microsoft Excel, Anda juga akan bisa mengoperasikan OpenOffice.org Calc. Pada OpenOffice.org Calc ini Anda dapat menggunakan rumus, fungsi, membuat chart, melakukan penyaringan database, dan masih banyak hal lainnya. Namun, pada saat penyimpanan file, Anda harus lebih cermat sebab, secara default, OpenOffice.org Calc akan menyimpan file Anda dalam format atau ekstensi .ods (OpenDocument Spreadsheets). Jika Anda ingin menyimpan file Anda dalam format yang sama dengan format yang digunakan oleh Microsoft Excel, maka Anda harus mengubah file type-nya terlebih dahulu menjadi Microsoft Excel 97/2000/XP (.xls)

1 comment:

OOM said...

info ini sangat bermanfaat sebagai alternatif pengganti MSOffice yang mahalnya minta ampun..maju terus mas hendro :)