Henson & His Works

Sunday, March 30, 2008

Mengenal Linux Ubuntu 7.10 Live CD (Bagian Kedua)

Silahkan baca lagi Bagian Pertama.

Pada Linux Ubuntu 7.10 Live CD ini, task bar terletak di sebelah atas layar. Pada bagian sebelah kanan terdapat tombol Shut Down dan beberapa informasi mengenai jam sistem, jenis koneksi, dll. yang mirip dengan system tray pada sistem operasi Windows. Pada bagian sebelah kiri terdapat beberapa tombol, yaitu Application, Places, dan System. Namun yang akan dibahas di sini adalah Application dan System.

Secara default, Application terdiri dari beberapa menu, yaitu Accessories (Calculator, Text Editor, Take Screenshot, dll), Games (Mahjongg, Gnometris, Chess, dll), Graphics (GIMP Image Editor, F-Spot Photo Manager, dll), Internet (Firefox Web Browser, Pidgin Internet Messenger, dll), Office (OpenOffice.org Word Processor, dll), Sound & Video (Movie Player, Rhythmbox Music Player, dll), dan Add/Remove. Untuk menghapus atau menambah menu-menu pada Application ini cukup lakukan klik pada tombol System – Preferences – Main Menu. Di situ terdapat beberapa menu lain yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Pada bagian System terdapat sejumlah informasi berkenaan dengan hardware komputer. Di sini kita bisa melakukan berbagai konfigurasi terhadap sistem komputer. Salah satu menu yang terdapat pada bagian System ini adalah Partition Editor. Anda dapat masuk ke sini dengan mengklik System – Administration – Partition Editor. Setelah saya pelajari lebih lanjut, Partition Editor ini ternyata memiliki fungsi yang sama seperti Partition Magic pada sistem operasi Windows. Partisi pada hard disk bisa dibuat, dihapus, atau diubah ukurannya dengan mudah dan cepat. Pada bagian System ini juga Anda bisa melakukan pengaturan terhadap desktop komputer, misalnya mengaktifkan screensaver. Linux Ubuntu 7.10 telah menyediakan puluhan screensaver themes yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

2 comments:

OOM said...

wah suhu iwan dan mas hendro ini bener raja linux..ditunggu kelanjutannya mas..sukses selalu :)

Anonymous said...

http://www.pregnancyaid.in
This pregnancy test is more sensitive than urine tests and is conducted by analyzing the amount of hCG in the blood of pregnant woman. After she has given birth to 2 healthy children, she wrote a book from her experience to help other women no matter their age to get pregnant.