Henson & His Works

Saturday, March 22, 2008

Mengenal Linux Ubuntu 7.10 Live CD (Bagian Pertama)

Sistem Operasi Linux makin digemari oleh para pencinta komputer. Semakin banyak distro Linux yang sudah beredar dan digunakan, seperti Mandrake (Mandriva), RedHat, Suse, PCLinux, dan Ubuntu. Yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah Linux Ubuntu versi 7.10 Live CD.

Kata "Ubuntu" berasal dari Afrika yang berarti "humanity to others". Linux Ubuntu adalah salah satu distro Linux yang akhir-akhir ini banyak dipakai karena GUI (Graphical User Interface)-nya yang user-friendly dan fasilitasnya yang tidak mengecewakan. Sebenarnya sudah lama saya ingin mencoba distro ini tapi belum kesampaian. Oya, CD Linux Ubuntu bisa Anda dapatkan secara gratis dengan memesan secara langsung ke situsnya (Baca lagi di sini.) Saya mendapatkan CD ini pada Januari 2008 lalu. Namun, saat saya ingin mencobanya di PC, programnya tidak mau jalan karena hardware tidak mendukung. Maklum PC tua! Nah, baru sekaranglah saya bisa mencobanya. Kali ini saya mencoba menjalankan Linux Ubuntu 7.10 Live CD menggunakan laptop Toshiba dengan prosesor dual core, RAM 1.5 GB dan harddisk 120 GB. Pada laptop ini sudah terinstal Sistem Operasi Windows XP SP2.

Untuk menjalankan Linux Ubuntu 7.10 Live CD, ubahlah prioritas booting di BIOS komputer Anda ke CD/DVD. Atau, jika PC atau laptop Anda mempunyai fasilitas Boot Menu, masuk saja ke situ dan langsung pilih CD/DVD pada saat mau booting. Setelah beberapa detik, sistem operasi Linux pun berhasil dijalankan secara mulus. Desktop dengan tampilan dominan warna coklat muda yang indah dan sejuk menghiasi layar. Sekarang saatnya menjelajahi Linux Ubuntu 7.10 Live CD!

1 comment:

Didiet said...

Hayu dong mas jelasin lbh dalam tntg linux,aq pnsaran apa si keistimewaannya linux,pdhl menrtku bngung pke linux